Russ The News is News Site for Information ,entertainmet,Politics,Economic all around the world

Tips dan Cara Blog Masuk Halaman / Ranking 1 di Google

 Hampir kurang lebih lima tahun saya menggeluti dunia blogging, tentunya segala hal menyangkut Tips dan Cara Blog Masuk Halaman / Ranking 1 di Google, dan bahkan pada mesin pencari besar lainnya sudah saya pelajari semua. Namun, sebenarnya yang menjadi persoalan bukan pada kemampuan kita memahami segala hal soal SEO (Search Engine Optimization = Optimasi Mesin Pencari) melainkan pada seberapa sering kita update informasi algoritma terbaru yang di release oleh Google. Jika kita hanya berpatokan dengan trik lama maka sudah pasti akan mudah disingkirkan oleh pesaing kita yang mempunyai blog dengan tema yang sama.

Tips dan Cara Blog Masuk Halaman / Ranking 1 di Google-russnews.info


Pertanyaannya kemudian, mungkinkah anda sebagai pendatang baru dalam dunia blogging dan masih dalam tahap belajar dasar-dasar teknik optimasi blog bisa melejitkan blognya masuk halam pertama atau bahkan ranking #satu di mesin pencari Google? Jawabnya, bisa saja asalkan segala trik terbaru mengenai bagaimana cara menang dari web lain bisa anda pahami. Sebenarnya tidak ada susahnya sama sekali, hanya tergantung seberapa keras kemauan dan daya tahan anda melakukan segala usaha menyangkut SEO on Page dan off Page.

Cara Blog Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO on Page

Sebenarnya secara umum teknik dalam mengusahakan SEO blog agar bisa berada di hal. 1 google hanya ada 2, yakni on dan off page (internal dan eksternal blog). Pada sub pembahasan ini kita akan membahas yang pertama. Dan beberapa yang harus anda usahakan adalah :

1.  Domain

Sebelum membuat blog tentu anda sudah tahu apa itu domain. Ia adalah alamat dimana website anda dikunjungi orang baik lewat search engine maupun langsung diketikkan di browser, misalnya saja www.wikicek.com – nah ini adalah nama domainnya.

Jika anda mau mempunyai blog yang mudah terindeks maka pastikan domainnya mengandung kata yang sesuai dengan tema pembahasan dalam webmu. Sebagai contoh, kamu akan bikin web dengan tema ‘facebook’ maka sebisa mungkin ada kata itu dalam susunan hurufnya, mislanya infofacebook.com dan sebagainya.

 BACA JUGA :

10 Efek Negatif Internet Bagi Pelajar

  

Lalu bagaimana seandainya jika terlanjur beli? Tak jadi persoalan, karena seperti yang dikatakan di atas bahwa algoritma google tak statis dan terus diperbaharui. Jika hari ini yang diunggulkan menduduki kursi halaman pertama maka belum tentu beberapa bulan dan bahkan minggu depan akan terus seperti itu. Ada banyak master juga yang mengungkapkan bahwa sekarang domain tidak lagi jadi faktor penting untuk bisa juara di google, yang perlu diperhatikan malah judul blog dan deskripsinya karena kedua meta tersebutlah yang paling menentukan. Pendapat ini bisa benar dan bisa juga tidak karena kenyataanya ada banyak blog dengan nama domain yang sesuai dengan saran di atas dan ternyata betul bisa rank 1 di google, dan sebaliknya pula ada yang domainnya asalan tapi mengungguli blog yang menerapkan trik seo ini.

Kesimpulannya – Bagi saya yang berulang-ulang mencoba kedua kemungkinan di atas membenarkan kedua versi tersebut, namun untuk keberhasilannya harus didukung faktor lain, yakni tekni SEO off page yang akan kita bahas selanjutnya atau dengan kata lain harus ada penggabungan teknik yang sempurna untuk mewujudkannya.

2.  Template

Sudah tau apa yang dimaksud template belum? Jadi ini adalah tampilan atau skin yang menentukan tata letak semua elemen blog anda. Semakin simple semakin baik dan semakin ringan saat diakses pengunjung blog anda. Namun tak sesederhana itu, ada banyak kriteria dan pengaturan yang harus dilakukan di dalamnya agar betul-betul SEO friendly atau bersahabat dengan mesin pencari dan pada akhirnya mudah diindeks dan bertengger di halaman 1 google. Berikut penjelasannya :

a.  Penggunaan gambar

Makna simple di sini bisa dalam segala hal, terutama harus minim penggunaan gambar dan hanya memakai kode warna html untuk tampilan warnanya, paling baik jika latar atau background blog anda polos saja warananya karena sangat pengaruh pada kecepatan loadingnya saat dikunjungi. Untuk menemukannya, masuk ke bagian edit html lalu cari kode “body {“.

b.  Kurangi Widget

Pastikan minim widget dan embel-embel yang tidak penting di dalamnya, seperti jam online, widget animasi yang berat dan sebagainya yang malah akan membuat pengunjung blogmu terlalu lama menunggu hanya untuk membuka satu halaman saja. Wiget yang disarankan harus ada hanya beberapa saja, seperti widget artikel terbaru, terpopuler, related post atau link artikel berkaitan di bawah tiap artikelnya, serta pilih juga template yang sudah ada pengaturan ‘Breadcrumbs-nya yang mana berfungsi menampilkan ‘path’ atau letak hirarki halaman yang dikunjungi.

c.  Title dan Deskripsi wajib SEO Friendly

Makna title di sini adalah judul dari blogmu, kalau misalnya membahas soal ‘website’ maka judulnya bisa kurang lebih seperti ini : “Blog seputar trik dan cara membuat website”. Untuk pengguna blogger anda bisa mengaturnya lewat menu ‘Setting’ atau “pengaturan’ tapi bagi yang menggunakan WordPress bisa diedit di bagian general setting. Usahakan panjang title tidak lebih dari 60 karakter (termasuk spasinya) karena jika tidak, bila dicek lewat mesin pencari akan terlihat terpotong dengan tampilan titik-titk saja. Mengenai deskripsinya agar mudah bersaing dengan blog lain dan bisa dengan mudah ranking 1 di google maka usahakan mengandung kata kunci yang juga terdapat di bagian title, dalam hal ini maksimal 150 karakter, tidak boleh lebih. Dan usahakan jangan ada pengulangan kata kunci lebih dari tiga kali, tapi jika ingin lebih padat gunakan sinonim dari keyword yang ditargetkan.

d.  Tag Heading Blog

Nah, untuk bagian ini kita masuk pada persoalan script-nya atau kodenya. Yang dimaksud di sini adalah penataan head atau poin-poin judul dalam sistem blog kita. Pengaturannya sebagai berikut :

  •     Judul Halaman gunakan tag <h1>
  •     Judul Artikel dengan tag <h2>
  •     Judul Poin lebih baik tag <h2>
  •     Judul Sub Poin dengan tag <h3>
  •     Judul widget pakai tag <h4>

Untuk pengaturan heading ini mudah saja (khusus bagi pengguna blogger), karena hanya ada beberapa langkah yang kita lakukan dan bisa langsung berubah, yaitu

a.  Untuk tag H1

cari kode ini :  <b:include name=’title’/> dan rubah dengan kode berikut :

<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’>

<b:include name=’title’/>

<b:else/>

<data:blog.pageName/>

</b:if>

b.  Untuk judul artikel

Cara kode h3.post dan rubah jadi h2.post  Demikian halnya pada kode <h3 class=’post yang ada di dekatnya ganti jadi <h2 class=’post

c.  Untuk judul widget

Temukan code <h2><data:title/></h2> lalu ubah angkanya jadi 3 semua, jadinya seperti ini <h3><data:title/></h3>

Nah, itulah ulasan panjang soal bagaimana meningkatkan performa blog dalam hal pengaturan SEO-nya agar lebih mudah masuk halaman perta google.com atau bahkan bisa ranking 1 mengalahkan ribuan pesaingnya dengan kata kunci yang sama.

3.  Artikel

Khusus untuk bagian ini kita bahas di halaman terpisah agar lebih focus memahami bagaimana sebenarnya menulis artikel agar blog gampang juara satu di google dan sulit dikalahkan dari blog lain. Untuk itu, baca selanjutnya : Teknik Menulis Artikel yang SEO Friendly. Semoga sharing kami berkah dan memberi manfaat pada anda.

Tags: cara blog masuk halaman 1, halaman pertama, ranking 1 di google, wikicek

No comments:

Post a Comment

mgid