Rekapitulasi Suara Pilkada Sidoarjo: Muhdlor Ali-Subandi Unggul, Raup 387.766 Suara

SURABAYA - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sidoarjo nomor urut 2 Achmad Muhdlor Ali-Subandi dinyatakan unggul berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.


Pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa itu unggul dengan perolehan 387.766 suara.


Muhdlor Ali-Subandi unggul tipis dari pasangan nomor urut 1, Bambang Harjo-Taufiqulbar yang mengantongi 373.516 suara.


Sementara pasangan nomor urut 3, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik, memperoleh 212.594 suara.


Ketua KPU Sidoarjo M Iskak mengatakan, hasil rekapitulasi suara sudah ditetapkan melalui rapat pleno terbuka pada Rabu (16/12/2020).


"Kemarin kami sudah tetapkan hasil rekapitulasinya, pemenangnya belum," ujar Iskak saat dikonfirmasi, Kamis (17/12/2020) sore.


KPU memberi waktu kepada pasangan calon yang tak puas untuk melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi selama 3 x 24 jam.


"Jika tidak kami masih harus menunggu dua hari lagi hingga ada surat pemberitahuan dari MK bahwa tidak ada gugatan," jelasnya.


Dari rekapitulasi itu diketahui jumlah suara sah di Pilkada Sidoarjo 2020 sebanyak 973.876 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 38.544.


Pilkada Sidoarjo diikuti tiga pasangan calon, pasangan nomor urut 1, Bambang Haryo-Taufiqulbar diusung koalisi Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, dan PKS.


Sementara Achmad Muhdlor Ali-Subandi diusung PKB dan didukung PSI serta Nasdem. Terakhir, pasangan nomor urut 2, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik diusung PDI-Perjuangan dan PAN.


[Source: Kompas]

Post a Comment

0 Comments