Menggoreng Dengan Air Fryer Lebih Sehat, Benarkah?

Memasak dengan air fryer

KOMPAS.com - Kentang goreng dan ayam goreng selalu menjadi favorit hampir semua orang. Sayangnya, berbagai penelitian telah menunjukkan, penggunaan minyak untuk menggoreng dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.


Untuk menghindari risiko tersebut, alat menggoreng air fryer menjadi pilihan. Alat ini mengalirkan panas pada suhu tinggi untuk menggoreng atau memanggang tanpa menggunakan minyak.


Hasilnya, makanan memiliki warna dan kadar air yang sama dengan makanan yang digoreng dengan minyak, meski tekstur dan rasanya sedikit berbeda.


Ini karena, saat menggoreng makanan dengan minyak, adonan akan menyerap minyak yang digunakan untuk memasaknya. Sehingga membuat makanan yang digoreng renyah dan tetap lembap di bagian dalam.


Sedangkan makanan yang digoreng dengan air fryer, meski renyah, terasa lebih kering di mulut karena tak menggunakan minyak.


Namun, benarkah menggoreng dengan air fryer lebih sehat ketimbang menggoreng biasa dengan minyak?


Menurut ahli gizi terdaftar Ariana Cucuzza, RD, alasan utama orang menyukai menggoreng dengan air fryer adalah, secara signifikan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.


Faktanya, kata Cucuzza, kebanyakan orang mengurangi asupan kalori mereka rata-rata 70% hingga 80% saat mengolah makanan menggunakan air fryer.


Melansir WebMD, metode memasak air fryer juga dapat mengurangi beberapa efek berbahaya lainnya dari menggoreng dengan minyak.


Reaksi yang terjadi saat Anda menggoreng kentang atau makanan bertepung lainnya akan menghasilkan bahan kimia akrilamida, yang menurut penelitian zat tersebut terkait dengan kemungkinan lebih besar terkena kanker.


Satu studi menunjukkan, bahwa menggoreng dengan air fryer menurunkan jumlah akrilamida dalam kentang goreng hingga 90%.


Air fryer juga hemat waktu. Anda bisa memanggang dada ayam lebih cepat di dalam air fryer daripada di oven, dan untuk membersihkannya juga lebih mudah,” katanya.


“Manfaat lainnya, jika Anda memiliki anak-anak yang pemilih dalam makan sayuran, air fryer bisa dipakai untuk mengolah sayuran dan membuatnya lebih enak,” lanjut Cucuzza.


Ilustrasi menggoreng daging menggunakan air fryer. SHUTTERSTOCK/ADISORN KONGPRASERT Ilustrasi menggoreng daging menggunakan air fryer.


Sisi negatif


Menggoreng dengan air fryer membuat orang-orang berpikir mereka bisa makan gorengan sesering mungkin, tanpa rasa bersalah. Karena mereka bisa menikmati gorengan tanpa minyak dengan rasa yang tetap enak.


“Meski diet rendah lemak dan air fryer terdengar menarik, Anda akan kehilangan manfaat luar biasa dari lemak nabati, seperti minyak alpukat dan minyak zaitun,” kata Cucuzza.


Cucuzza mengingatkan, bahwa lemak berkualitas tinggi, dalam jumlah sedang, sangat penting untuk kesehatan otak dan hormon.


Menggoreng dengan air fryer juga menghasilkan suhu tinggi dengan kecepatan yang sangat cepat, sehingga makanan sangat mudah dibakar. Masalahnya, bukan tak mungkin makanan tersebut justru akan bersifat karsinogenik.


Bukan hanya itu, dalam sebuah penelitian, menggoreng ikan dengan air fryer meningkatkan jumlah zat yang disebut produk oksidasi kolesterol (COP). Zat ini terbentuk, ketika kolesterol dalam daging atau ikan terurai selama pemasakan.


Studi menghubungkan zat ini dengan penyakit jantung koroner, pengerasan arteri, kanker, dan penyakit lainnya.


Penelitian menunjukkan, salah satu cara untuk menurunkan jumlah COP saat Anda menggoreng ikan dengan air fryer, adalah dengan menambahkan peterseli segar, daun bawang, atau campuran keduanya.


Penelitian menunjukkan herbal tersebut bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi COP dalam makanan yang digoreng.


Menggoreng dengan air fryer juga tampaknya mengekang asam lemak omega-3 pada ikan.


Padahal, lemak baik ini membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik, dan dapat membantu melindungi jantung.


Makanan terbaik untuk digoreng


Air fryer dapat memasak hampir semua hal yang biasa Anda goreng dengan minyak, seperti ayam, kentang, ikan, sayuran, hingga donat.


“Kentang goring bisa terasa sangat enak dengan air fryer. Mungkin Anda sulit membuatnya sangat renyah dalam oven konvensional. Tapi pakai bumbu favorit dan masukkan ke dalam air fryer, lalu nikmatilah,” kata Cucuzza.


Terakhir merekomendasikan, merekomendasikan untuk mencari model air fryer yang menggunakan plastik bebas BPA.


[Source: Kompas]

Post a Comment

0 Comments