russ the news

Russ The News is News Site for Information ,entertainmet,Politics,Economic all around the world

ads

Dilantik Jadi Wamenkumham, Eddy Hiraej: Saya Pelajari Dulu Masalah Yang Ada

Pakar hukum tata negara Eddy Hiariej, saat ditemui seusai memberikan keterangan sebagai ahli dalam sidang uji materi di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (10/9/2015).

JAKARTA - Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiriaej dilantik sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Wamenkumham) oleh Presiden Joko Widodo.


Eddy mengaku, dirinya akan segera mempelajari persoalan-persoalan yang ada di Kementerian Hukum dan HAM untuk kemudian memikirkan solusinya.


"Terus terang saya baru dilantik, belum sampai dua jam. Tentunya sebagai orang baru yang masuk ke Kemenkumham saya akan mempelajari, mengidentifikasi lebih dulu kira-kira masalah-masalah apa yang cukup krusial di Kemenkumham dan kemudian bagaimana solusinya," kata Eddy usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).


Eddy mengatakan, dirinya baru diminta kesediaan sebagai Wamenkumham pada Senin (21/12/2020).


Saat itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menghubunginya untuk datang ke Istana Presiden pada Rabu (23/12/2020).


Usai pelantikan, Eddy sempat bertemu dengan Menkumham Yasonna Laoly sekitar 15 menit.


Pertemuan itu tak terjadi lama lantaran Yasonna harus menghadiri rapat di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).


Oleh karenanya, belum banyak hal yang dibahas Eddy bersama Yasonna. Eddy menyebut, dirinya akan berkoordinasi dengan Menkumham pada Senin (28/12/2020).


"Karena tugas dari wamen itu adalah membantu menteri, maka nanti Pak Menteri dan saya akan melakukan pembagian tugas mana yang akan beliau tangani dan mana yang akan saya tangani, atau apa yang akan saya bantu kepada beliau," ujarnya.


Eddy mengatakan, ada sejumlah direktorat jenderal (Ditjen) di Kemenkumham, seperti Ditjen Imigrasi, Ditjen Hak Asasi Manusia, Ditjen Hak Atas Kekayaan Intelktual, Ditjen Administrasi Hukum Umum, hingga Ditjen Pemasyarakatan. Setiap ditjen, kata dia, tentu memiliki masalah tersendiri.


Eddy pun berjanji bakal segera berkoordinasi dengan Yasonna untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.


"Mana yang harus diperbaiki dan mana yang sudah baik dan kemudian ditingkatkan. Kami belum bicara detail mengenai tupoksi dan apa yang menjadi tugas saya ke depan," kata dia.


Diberitakan, Presiden Joko Widodo melantik lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.


Pelantikan kelima wakil menteri dituangkan melalui Keputusan Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.


Selain Eddy, empat orang wakil menteri lain yang dilantik yakni, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi, dan Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansyuri.


[Source: Kompas]

No comments:

Post a Comment