Cicipi, Aneka Sajian Kopi "Anti Mainstream" Di Bandung

Abdi Surahman tengah meracik salah satu minuman di kafe miliknya.

KOMPAS.com – Buat kamu para pecinta kopi, rasanya harus mencoba racikan kopi anti mainstream di Kafe Esspresslave di Jalan Malabar, Bandung.


Salah satunya minuman Nitro Cold Brew Coffee. Sebelum disajikan, kopi diinfus dengan beragam rempah, buah-buahan, gula aren, dan lemon.


Sesuai namanya, kopi yang juga "diinjeksi" dengan gas nitrogen ini kemudian disajikan dengan susu hasil olahannya.


Begitu disesap, rasanya begitu kaya. Aroma rempah berpadu dengan buah-buahan dan kopi terasa "kuat" dalam minuman tersebut.


“Saya ingin memperkenalkan Indonesia, makanya menggunakan banyak rempah,” ujar pemilik Esspresslave, Abdi Surahman kepada Kompas.com, Sabtu (19/12/2020) kemarin.


Finalis World Cup Diageo ini mengatakan, untuk mempertahankan cita rasa, ia meracik sendiri sirop, teh, susu, hingga kopi.


Tak hanya kopi, minuman berbahan dasar teh pun dibikin unik. Misalnya teh yang menonjolkan natural fermentation.


Ia memfermentasi nanas, gula aren, dan air house blend tea selama 3-4 hari di tempat kedap dan gelap.


Ada empat macam teh yang di-blend kemudian ditaruh rempah-rempah seperti bunga lawang, cengkeh, dan cinnamon yang karakternya lebih ke manis dengan wangi yang enak.


“Lalu disaring, masukkan ke freezer minus 20 derajat untuk menyetop proses fermentasi. Rasanya enak dan gak perlu ditambah apa-apa lagi,” ungkap dia.


Abdi mengaku, keunikan rasa dari minumannya ini sama dengan konsep kafenya yang anti mainstream.


Ia mengangkat konsep American industrial monocromatic yang memadukan kayu, kaca, dan dominasi hitam putih.


Di bagian dinding, ia memajang lukisan sejumlah musisi "anti meanstream" pula. Ada wajah Kurt Cobain, Marilyn Monroe, Amy Winehouse, Chris Cornell, dan lainnya.


Selain minuman racikannya yang unik, Abdi mencoba menghadirkan basic coffee. Seperti espresso, cappuchino, latte, dan lainnya.


[Source: Kompas]

Post a Comment

0 Comments