Cara Cepat Membersihkan Dapur, Bisa Cuma 5 Menit

Ilustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA - Membersihkan dapur seringkali merupakan pekerjaan yang melelahkan. Selain itu, kegiatan bersih-bersih ini pun kerap kali memakan waktu cukup lama.


Namun demikian, jangan khawatir. Sebab, ternyata ada cara cepat membersihkan dapur yang membuat pekerjaan ini tidak lagi melelahkan dan menjadi momok.


Dilansir dari Family Handyman, Kamis (17/12/2020), berikut cara membersihkan dapur dengan cepat menurut para pakar.


1. Merendam piring kotor


"Menggosok sisa makanan dari piring memakan waktu lama, tetapi jika Anda membiarkan piring terendam, sisa makanan akan rontok,” kata Jaime Kulaga, pemilik Two Maids and a Mop.


Sebelum Anda mulai membersihkan dapur, isi wastafel cuci piring dengan air panas dan sedikit sabun cuci piring, kemudian biarkan piring terendam.


Pada saat Anda membersihkan bagian lainnya di dapur, sisa makanan pada piring kotor perlahan akan luruh dan Anda dapat mencuci piring dengan cepat.


2. Membersihkan dari atas ke bawah


Jika Anda ingin membersihkan dapur dengan cepat, ikuti aturan klasik, yakni membersihkan dari atas ke bawah dan depan ke belakang.


"Ini menghemat waktu sehingga Anda tidak menambah-nambah pekerjaan. Jika Anda membersihkan meja sebelum Anda membersihkan bagian atas kompor, Anda harus membersihkan meja lagi karena kotoran jatuh ke bawah," jelas Kulaga.


3. Bersihkan kabinet dapur berwarna terang


Jika Anda memiliki kabinet atau lemari dapur berwarna terang, beberapa titik berminyak bisa membuat seluruh dapur tampak kotor.


Pakar perbaikan rumah Danny Lipford, yang juga pembawa acara Today's Homeowner TV, memiliki tips bagus tentang cara membersihkan dapur dengan cepat.


“Panaskan spons basah di microwave sebentar, lalu semprotkan dengan pembersih berbahan dasar jeruk lemon. Panas dari spons menghilangkan residu dari lemari dan memotong waktu pembersihan menjadi setengahnya," papar Lipford.


Ilustrasi dapur sempit.SHUTTERSTOCK/MICHAELA KLENKOVA Ilustrasi dapur sempit.


4. Hilangkan bau tak sedap dari tempat sampah


Apakah Anda mencium bau tidak sedap dari sekitar tempat sampah? Menurut pakar pembersihan rumah Lauren Haynes dari Star Domestic Cleaners, tempat sampah adalah salah satu fitur paling busuk di dapur.


Haynes menyarankan untuk memasukkan kulit lemon ke dalam tempat sampah untuk menghilangkan bau tak sedap.


Jika bau tak sedap berasal dari saluran air di tempat cuci piring, alirkan air panas ke saluran air, lalu tambahkan seperempat cangkir soda kue atau baking soda. Biarkan selama beberapa menit, tambahkan secangkir cuka dan bilas hingga bersih.


 


5. Rapikan meja dapur


Meja dapur seringkali berfungsi sebagai tempat meletakkan segala sesuatu. Benda-benda selain peralatan masak dapat membuat dapur yang bersih terlihat berantakan.


"Daripada mengembalikan setiap barang ke tempat yang semestinya satu per satu, kumpulkan semua barang dan taruh di satu tumpukan," ungkap Kulaga.


Simpan barang-barang tersebut di tas atau kotak.


[Source: Kompas]

Post a Comment

0 Comments